Proses Pasca Cetak Sablon : Melakukan Drying atau Pengeringan dengan Alat

Konveksi Surabaya – Proses pasca cetak sablon dilakukan setelah penyablonan tinda ke permukaan kaos rampung. Meskipun sudah berhasil disablon, tetapi prosesnya masih berlanjut. Hal itu dikarenakan tinta yang sudah disablon belum merekat secara sempurna di permukaan kaos. Harus dilakukan cara-cara agar tinta tersebut lebih bertahan lama di kaos meski berulang kali dipakai dan dicuci. Oleh karena itulah, Anda perlu mengenal beberapa proses lanjutannya.

Lalu, proses pasca cetak sablonseperti apa yang perlu diketahui informasinya kali ini? Untuk lebih jelasnya, silakan membaca uraian di bawah ini.

Proses drying

Proses drying atau pengeringan dilakukukan bertujuan agar tinta mengering dengan sempurna atau 100 persen di permukaan kaos. Ciri utamanya adalah saat Anda pegang atau sentuh tinta itu benar-benar kering alias sudah merekat hingga serat kain. Namun demikian, cepat tidaknya tinta sablon mengering juga dipengaruhi oleh pemilihan jenisnya. Dalam arti, pemilihan tinta sablonnya beserta teknik penyablonan yang dipilih.

Untuk mengeringkan tinta, Anda bisa menggunakan alat. Misalnya, kipas angin, hair dryer atau pengering rambut, atau yang lainnya. Biasanya, disarankan menggunakan hair dyer karena tinta yang masih basah akan dihembus angin dari alat pengering tersebut. Ditambah hembusan anginnya hangat, sehingga mempercepat pengeringan tinta. Sementara itu, mendapatkan hair dyer cukup mudah. Bahkan, harganya pun terjangkau untuk semua kalangan.

Mengenal penggunaan pengering yang dipilih

Sebelum menggunakan alat pengering yang dipilih, sebaiknya Anda mengenal cara penggunaannya. Lebih spesifik lagi, yaitu disesuaikan dengan pengeringan tinta sablon. Sebagai contoh, Anda yang memilih hair dyer untuk mengeringkan tinta sablon. Saat menggunakannya, jangan memilih pengaturan yang besar dengan hembusan angin dan panas tinggi. Pasalnya, dikhawatirkan malahan merusak tinta dan hasil sablonannya.

Lebih baik Anda memilih pengaturan sedang yang lebih aman. Dengan begitu, bisa diminimalisir kerusakan pada hasil penyablonannya. Jangan sampai Anda menyepelekan hal seperti ini. Kesalahan sedikit atau kecil saja pada proses pasca cetak sablon dapat berakibat fatal pada hasil akhirnya. Oleh karena itu, silakan dipelajari dan dipraktikkan dengan sebaik-baiknya. Selamat mencoba. Konveksi Sidoarjo

error: Content is protected !!
Open chat
1
Selamat Datang di Vido Garment,
Ada yang bisa dibantu ?