Perbedaan Sablon Manual Sablon Digital Dilihat dari Bahan Kain yang Dipakai

Konveksi Surabaya – Perbedaan sablon manual sablon digital masih berlanjut. Setelah Anda mengetahui terkait perbedaan waktu proses penyablonannya dari masing-masing teknik. Sekarang, ada perbedaan pada bagian yang lain, yaitu bahan kain yang digunakan. Bahan kain tersebut tentu saja sudah dibuat produk kaos dengan berbagai model dan ukuran. Semua kaos tersebut biasanya memiliki warna dasar polos, seperti putih, hitam, atau warna lainnya. Sementara itu, bahan kain untuk pembuatan kainnya juga berbeda. Hal tersebut juga berlaku untuk kedua teknik sablon yang berbeda.

Lalu, bagaimana perbedaan sablon manual sablon digital dilihat dari bahan kain yang digunakan? Untuk lebih jelasnya, silakan menyimak uraian di bawah ini.

Bahan kain yang digunakan dalam dua teknik sablon

Sebenarnya, semua bahan kain dapat disablon, baik dengan teknik manual atau digital. Namun demikian, tidak semua kain yang digunakan berkualitas saat disablon karena penggunaan alat atau bahan-bahan sablon yang tidak sesuai. Biasanya, kain yang tidak cocok dengan teknik atau bahan sablon akan mudah mengelupas tinta sablonnya. Selain itu, sablonan akan mudah pecah-pecah padahal baru beberapa kali dicuci. Tentu saja kondisi seperti itu bisa dikatakan kaos sablon yang berkualitas rendah. Saat dijual di pasaran akan dibandrol dengan harga murah karena memang kualitasnya jelek.

Diketahui teknik sablon manual dapat mengaplikasikan semua jenis bahan kain untuk disablon. Lebih bagus jika menggunakan jenis kain cotton combed di mana karakteristiknya lebih nyaman saat digunakan setiap hari. Pasalnya, jenis kain yang satu ini berasal dari 100 persen bahan alami, yaitu kapas. Sementara itu, teknik sablon digital hanya bisa menggunakan jenis kain TC, PE, Cardet, dan Combed 20s putih. 

Pemilihan bahan kain juga menentukan kualitasnya

Perlu Anda ketahui bahwa teknik sablon digital juga bisa menggunakan bahan kaos cotton combed. Pengalaman yang sudah terjadi, hasil sablonannya tidak bertahan lama. Dengan begitu, memang tidak direkomendasikan untuk menggunakan jenis bahan kain tersebut. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti ditemukan teknologi sablon digital yang bisa menyablon kain cotton combed. Itulah sedikit informasi tentang perbedaan sablon manual sablon digital. jasa konveksi surabaya

error: Content is protected !!
Open chat
1
Selamat Datang di Vido Garment,
Ada yang bisa dibantu ?