Mengenal Baju Takwa dari Sejarah Hingga Perkembangannya

Konveksi Sidoarjo – Anda pun juga perlu mengenal baju takwa. Mayoritas masyarakat Indonesia mengidentikkan baju takwa dengan baju koko. Padahal jika dilihat dari sejarahnya, keduanya berbeda. Baju koko berasal dari baju tradisional masyarakat Tiongkok yang disebut Tui Khim. Sementara itu, baju takwa lebih identik dengan pakaian adat Jawa yang biasa dikenakan oleh para pria pada zaman dahulu di masa kerajaan. Seiring pergantian zaman, baju takwa juga semakin berkembang baik dari segi model, warna, serta pernak-pernik di permukaannya yang semakin modis serta fashionable. Anda mungkin memiliki salah satunya di rumah. Biasanya, baju takwa memang dikenakan untuk sholat atau ritual ibadah agama Islam.

Bagaimana sejarah dari baju takwa?

Di atas sudah sedikit disinggung tentang asal-usul mengenal baju takwa. Jenis baju yang satu ini tidak diadopsi dari baju Tui Khim. Namun, baju takwa merupakan hasil modifikasi dari jenis baju tradisional masyarakat Jawa yang bernama Surjan. Baju ini menjadi salah satu pakaian adat yang dikenakan oleh pria sehari-hari pada zaman dulu. Pada perkembangan selanjutnya, Surjan menjadi pakaian yang identik dengan keraton karena hanya di sana saja atau peristiwa, kegiatan, dan acara berbau adat Jawa saja baju Surjan dipakai.

Akhirnya, muncul seorang tokoh terkenal dengan sebutan Sunan Kalijaga. Beliau merupakan salah satu dari sembilan Walisongo yang bertugas mensyiarkan agama Islam di pelosok pulau Jawa. Sebagai tokoh penyebar agama Islam, Sunan Kalijaga tidak memakai jubah panjang dan sorban, seperti sunan-sunan yang lain. Pakaian seperti itu memang diadopsi dari Arab. Sementara itu, Sunan Kalijaga mengenakan baju takwa dengan memakai Surjan berlengan panjaang dan blangkon di kepalanya. Sangat khas dengan pakaian adat Jawa.

Baju takwa Surjan yang masih digemari masyarakat

Berbeda dengan baju koko yang biasanya berwarna polos. Baju Surjan biasanya memiliki motif garis-garis vertikal atau atas ke bawah berwarna cokelat muda atau tua. Sementara saat dijadikan baju takwa, motif-motif tersebut dihilangkan dan menjadi berwarna polos seperti baju koko. Anda yang ingin memiliki baju takwa seperti yang dikenakan oleh sunan Kalijaga bisa mendapatkannya secara offline maupun online sekarang. Tulisan tentang mengenal baju takwa di atas semoga bermanfaat untuk Anda sekalian. Konveksi Surabaya

error: Content is protected !!
Open chat
1
Selamat Datang di Vido Garment,
Ada yang bisa dibantu ?