Jenis Kain Denim : Selvadge Denim yang Sudah Tertenun Bagian Pinggirnya

Konveksi Surabaya – Masih ada satu jenis kain denim lagi di pasaran sekarang. Anda pun jangan melewatkannya untuk melengkapi informasi yang disajikan secara keseluruhan. Dari beberapa jenis denim yang sudah diinformasikan sebelumnya, tiap jenis tentu memiliki karakteristik atau ciri khas tersendiri. Selain itu, terdapat kelebihan dan kekurangannya sendiri yang juga perlu Anda ketahui. Kain denim tersebut nantinya kebanyakan untuk memproduksi celana-celana jeans, baik skala kecil hingga besar.

Oleh karena itulah, Anda perlu mengetahui jenis kain denim satu per satu. Begitu juga seperti kain denim yang akan diulas di bawah ini.

Selvadge Denim

Istilahnya memang tidak begitu populer di tengah masyarakat. Namun, kain denim yang satu ini benar-benar ada dan Anda perlu mengetahuinya lebih mendetail. Istilah selvedge denim berkaitan dengan sisi tepi atau pinggiran dari kain denim tersebut. Pinggirannya yang ditenun atau dianyam, sehingga benang-benangnya tidak mudah terburai dan rusak. Inilah salah satu keunggulan dari selvadge denim.

Menurut sejarahnya, sebelum tahun 1950 jenis denim ini ditenun dengan menggunakan alat tenun kuno bernama Shuttle Looms. Alat tenun ini dapat menghasilan baris-baris tenunan yang rapat dan rapi. Selain itu, pada bagian sisi-sisinya juga sudah teranyam dengan baik sehingga tidak mudah terburai benangnya. Namun demikian, hanya segelintir orang atau pengusaha kaya saja yang memiliki alat tenun kuno ini. Sementara mereka yang bermodal pas-pasan, sudah pasti tidak bisa memilikinya.

Perkembangan kain denim selvadge

Selanjutnya, pada selepas tahun 1950-an permintaan akan kain denim di pasaran mulai meningkat. Oleh karena itu, dibutuhkan mesin tenun jenis baru yang lebih cepat dalam memproduksinya. Oleh karena itu, ditemukan mesin tenun bernama Projectile Looms. Sebuah mesin tenun yang dapat mengayam lebih cepat dan lebar. Namun demikian, kain denim yang teranyam masih terburai bagian pinggirnya karena alatnya memang tidak didesain untuk melakukan hal tersebut.

Sejak saat itulah, muncul istilah pada dua jenis kain denim secara umum, yaitu selvadge atau tepiannya sudah ditenun, dan non selvadge atau bagian tepiannya belum ditenun. Itulah sedikit informasi yang menarik untuk Anda pelajari. Konveksi Sidoarjo

error: Content is protected !!
Open chat
1
Selamat Datang di Vido Garment,
Ada yang bisa dibantu ?