Ingin Tahu Apa Itu Katun CVC? Baca Dulu yang Satu Ini

Konveksi Surabaya – Pertanyaan seputar apa itu katun CVC akan coba dijawab dalam pembahasan kali ini. Ada anggapan yang salah dari masyarakat bahwa CVC merupakan singkatan dari cotton viscose. Sebuah jenis kain yang mengkombinasikan dua bahan yang berbeda, yaitu cotton dan viscose. Jadi, katun CVC diidentikkan dengan kain cotton viscose. Anggapan tersebut kurang benar karena katun CVC maupun katun viscose merupakan dua bahan kain yang berlainan. Oleh karena itu, di sini akan diberikan perbedaan antara keduanya agar Anda tidak salah persepsi lagi.

Apa  itu cotton viscose?

Sebelum diberikan penjelasan mengenai perbedaan antara katun CVC dan katun viscose, Anda perlu mengetahui tentang bahan viscose terlebih dulu. Viscose merupakan jenis kain dari bahan rayon, atau bisa disebut hasil pengembangan dari bahan rayon itu sendiri, tetapi masyarakat tetap menyebutnya rayon.

Rayon termasuk serat buatan atau semi sintetis yang diproduksi dari hasil regenerasi selulosa. Pada awalnya, rayon dibuat dalam bentuk serat sutra sintetis. Seiring perkembangan zaman, produksi bahan rayon terus mengalami perubahan hingga akhirnya terbentuk rayon yang disebut dengan viscose. Dengan perkembangan mutakhir dari peralatan canggih garment dan konveksi, produk bahan kain yang satu ini menjadi lebih populer.

Anda pun perlu mengetahui bahwa istilah rayon berasal dari kata ray dan cotton. Beberapa pengamat memberikan pendapatnya mengenai rayon, yaitu sebuah produk fiber yang sedikit bercahaya atau mengkilap. Dilihat strukurnya, bahan ini memang mirip cotton yang berasal dari 100 persen kapas alami. Padahal kenyataannya, tidak seperti itu.

Jadi, cotton viscose adalah bahan kain yang terbuat dari dua jenis serat, yaitu cotton dan viscose atau rayon. Komposisi bahannya lebih banyak cotton daripada viscose.

Lalu, apa itu katun CVC?

CVC merupakan singkatan dari Chief Value Cotton. Artinya, lebih banyak banyak mengandung cotton atau katun. Lebih spesifik lagi, mengandung lebih dari 50 persen bahan cotton. Sementara bahan lainnya yang menjadi kombinasi dari katun CVC, yaitu polyester. Anda tentu sudah mengenal tentang polyester, bukan? Di dalam bahan katun CVC, bagian untuk polyester mungkin sekitar 30 – 40 persen saja. Demikianlah, sedikit informasi mengenai apa itu katun CVC. Konveksi Surabaya

error: Content is protected !!
Open chat
1
Selamat Datang di Vido Garment,
Ada yang bisa dibantu ?