Apa Itu Kain Denim? Inilah Informasi Selengkapnya

Konveksi Kaos Surabaya – Apa itu kain denim? Jika Anda yang masih awam tentang jenis kain yang satu ini tentu ingin mengetahui lebih banyak informasinya. Bahkan, tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa kain denim itu sama dengan kain jeans. Padahal kedua jenis kainnya berbeda karena memiliki karakteristik tersendiri. Biasanya, kain denim dipakai untuk bahan celana. Namun, tidak menutup kemungkinan juga ada yang memakainya untuk bahan baju atau barang konveksi lainnya.

Lalu, apa itu kain denim yang perlu diketahui informasinya? Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca penjelasan di bawah ini.

Mengenal sejarah kain denim

Pada zaman dulu, denim termasuk bahan katun kasar yang biasa digunakan untuk pakaian para pekerja tambang. Sementara itu, kain denim menurut sejarah berasal dari sebuah kota yang terletak di sebuah kota bernama Nimes, Prancis. Belum ada penyebutan denim saat pertama kali ditemukan. Orang-orang menyebutnya Sergee de Nimes. Kata de Nimes sendiri berarti from Nimes atau dari Nimes, tempat pertama kali ditemukannya bahan kain ini. Seiring berjalannya waktu, banyak orang menyingkat penyebutannya menjadi Denim.

Dimulai dari pelosok Prancis, kain denim menyebar hingga seantero negeri. Selanjutnya, kain yang identik dengan kelas pekerja itu menyebar hingga pelosok Eropa. Masa Perang Dunia II menyebabkan ekspansi para tentara atau orang-orang Eropa menuju daratan Afrika hingga Asia. Oleh karena itu, kain denim terus tersebar luas hingga sekarang. Namun perbedaannya, sekarang kain denim tidak hanya untuk kelas pekerja saja. Pasalnya, kain denim sudah diproduksi menjadi berbagai jenis pakaian yang dapat Anda kenakan.

Bagaimana karakteristik dari kain denim?

Perlu Anda ketahui bahwa denim memiliki material kain yang cukup kuat terbuat dari bahan cotton twill. Kain yang satu ini agak tebal dan lebih awet saat digunakan. Tekstur kainnya mirip karpet, tetapi lebih tipis dan halus. Pada saat pertama kali ditemukan, kain denim hanya memiliki satu warna, yaitu indigo. Namun dalam perkembangannya, sekarang denim memiliki variasi warna lain. Misalnya, hitam, abu-abu, cokelat, putih khaki, biru terang atau gelap, bahkan hingga warna pink, hijau, dan merah. Itulah sedikit informasi bagi Anda yang masih penasaran mengenai apa itu kain denim. Konveksi Kaos Sidoarjo

error: Content is protected !!
Open chat
1
Selamat Datang di Vido Garment,
Ada yang bisa dibantu ?